Rabu, 28 Maret 2012

TUGAS ASPEK HUKUM DALAM EKONOMI


PERANAN HUKUM DALAM PEMBANGUNAN PADA ERA GLOBALISASI : IMPLIKASINYA BAGl PENDIDIKAN
HUKUM DI INDONESIA
Erman Rajagukguk
I. Pendahuluan
Negeri-negeri yang sekarang ini disebut negara-negara maju telah menempuh pembangunannya melalui tiga tingkat ; unifikasi, industrialisasi, dan negara kesejahteraan. Pada tingkat pertama yang menjadi masalah berat adalah bagaimana mencapai integrasi politik untuk menciptakan persatuan dan kesaman nasional, Tingkat kedua, perjuangan untuk ekonomi dan modernisasi politik. Akhimya dalam tingkat ketiga, tugas negara yang terutama adalah melindungi rakyat dari sisi negatif industrialisasi, membetulkan kesalahan pada tahap sebelumnya, dengan menekankan kesejahteraan masyarakat. Tingkat-tingkat tersebut dilalui secara berurutan (consecutive) dan memakan waktu yang relatif lama. Persatuan nasional adalah prasyarat untuk memasuki tahap industrialisasi. Indusirialisasi merupakan jalan untuk mencapai negara kesejahteraan. dengan lahirnya Konstitusi Amerika. Namun mungkin sebagian besar orang masih menolak konstitusi pada tahun 1789, berkenaan dengan “state rights”Amerika Serikat baru benar-benar memasuki tahap industrialisasi setelah berakhirnya Perang Saudara pada tahun 1840an.
Wallace Mendelson, “Law and the Development of Nations,” The Journal of Politics vol. 32 (1970) h.224.
Hukum yang kondusif bagi pembangunan sedikitnya mengandung lima kwalitas : “stability”, “predictability”, “fairness”, “education,” dan kema mpuan meramalkan adalah prasyarat untuk berfungsinya sistim ekonomi. Perlunya “predictability” sangat besar di negara-negara dimana masyarakatnya untuk pertama kali memasuki hubungan-hubungan ekonomi melampaui lingkungan social tradisionil mereka. Stabilitas juga berarti hukum berpotensi untuk menjaga keseimbangan dan mengakomodasi kepentingan-kepentingan yang saling bersaing.Aspek keadilan (fairness) seperti persamaan didepan hukum, standar sikap pemerintah, adalah perlu untuk memelihara mekanisme pasar dan mencegah birokrasi yang berkelebihan .Tidak adanya standar tentang apa yang adil dan apa yang tidak adil adalah masalah  besar dihadapi oleh negara-negara berkembang. Dalam jangka panjang ketiadaan standar tersebut menjadi sebab utama hilangnya legitimasi pemerintah.18
18 Leonard J Theberge,” Law and Economic Development,” Journal of International Law and Policy vol. 9 (1980)h. 232.
II. Permasalahan
Berdasarkan uraian di atas, permasalahan yang dapat dikemukakan adalah apa maksud dari Globalisasi Hukum Mengiringi Globalisasi Ekonomi dan Pendidikan Hukum Memasuki Abad 21?
III. Pembahasan
A. Globalisasi Hukum Mengiringi Globalisasi Ekonomi
Globalisasi ekonomi sekarang ini adalah manifestasi yang baru dari pembangunan kapitalisme sebagai sistem ekonomi internasional, Seperti pada waktu yang lalu, untuk mengatasi krisis, perusahaan multinasional mencari pasar baru dan memaksimalkan keuntungan dengan mengekspor modal dan reorganisasi struktur produksi. Pada masa lalu bisnis internasional hanya dalam bentuk export – import dan penanaman modal. Kini transaksi menjadi beraneka ragam dan rumit seperti kontrak pembuatan barang, waralaba, imbal beli, “turnkey project,” alih teknologi, aliansi strategis internasional, aktivitas financial, dan lain-lain,22 Globalisasi menyebabkan berkembangnya saling ketergantungan pelaku-pelaku ekonomi dunia.
Bagaimana juga karakteristik dan hambatannya, globalisasi ekonomi menimbulkan akibat yang besar sekali pada bidang hukum. Globcilisasi ekonomi juga menyebabkan terjadinya globalisasi hukum, globalisasi hukum tersebut tidak hanya didasarkan kesepakatan internasional antar bangsa, tetapi juga pemahaman tradisi hukum dan budaya antara Barat dan Timur.
Globalisasi hukum terjadi melalui usaha-usaha standarisasi hukum. antara lain melalui perjanjian-perjanjian internasional.27 General Agreement on Tariff and Trade (GATT) misalnya, mencantumkan bebarapa ketentuan yang harus dipenuhi oleh negara-negara anggota berkaiian dengan penanaman modal, hak milik intelektual, dan jasa  prinsip-prinsip “Non-Discrimination,” “Most  Favoured Nation,” “National Treatment,” “Transparency” kemudian menjadi substansi peraturan-peraturan nasional negara-negara anggota.28
22 S. Tamer Cavusgil, ”Globalization of Markets and Its Impact on Domestic Institutions.” Global Lega Studies Journal, vol 1 (1993), h.83-86.
27 Lihat antara lain, Stephen Zamora, ”The Americanization of Mexican Law : Non-Trade Issues in the North American Free Trade Agreement,” Law & Policy in International Business. Vol. 24 (1993),h. 406-433.
28 Micheal A Geist, ”Toward A General Agreement on the Regulation of Foreign Direct Investment,” Law & Policy in International Business, vol. 26 (1995) h. 714-716. Bandingkan Denine Manning-Cabral, ”The Eminent Death of the Calvo Clause and the Rebirth of the Calvo Principle : Equality of Foreign and National Investors,” Law & Policy in International Business vol. 26 (1995) h. 1171-1199.
B. Pendidikan Hukum Memasuki Abad 21
Globalisasi ekonomi membawa globalisasi hukum dan globalisasi praktek hukum. Mereka  yang   baru   tamat dari Fakultas Hukum hari ini menghadapi dunia baru. Tidak saja lahirnya negara-negara baru diatas peta bumi, tetapi juga tipe baru hubungani ekonomi dan politik antar bangsa. Hukum sebagai sistim dari ketertiban sosial juga terpengaruh oleh perubahan ini dan pendidikan hukum sebagai langkah pertama untuk terjun dalam praktek, hukum harus kembali dirancang menghadapi tantangan akibat perubahan yang terjadi.34 Berdasarkan prospek profesi hukum dalam masa yang tidak terlalu lama ini, pendidikan hukum harus menekankan lagi bahwa hukum merupakan alat perubahan sosial untuk membawa perbaikan bagi masyarakat dan sistim hukum. Akibat dari globalisasi, pendidikan hukum harus mengakui tanggung jawabnya kepada masyarakat. Di negara maju disadari juga, globalisasi bisa mendatangkan kerugian bagi golongan masyarakat tertentu. Oleh karena itu pendidik harus bisa mengusahakan mahasiswanya mengerti hukum dan profesi hukum dalam konteks sosial dan keterikatan (commitment) kepada keadilan dan tanggung jawab sosial.35
Fakultas Hukum hendaknya melahirkan sarjana hukum yang berpengetahuan luas dan memiliki ketrampilan hukum. Berkenaan dengan hubungan praktek hukum dan pendidikan hukum, di Amerika Serikat sendiri, umpamanya, ada kekhawatiran bahwa apa yang  diberikan dalam kuliah berbeda dengan hukum dalam kenyataan. Sebagian besar kuliah mengajarkan teori atau hal-hal yang normatif sifamya, doctrinal dan deskriptif. Timbul usul agar staf pengajar melakukan ‘empirical research”.36 Untuk melahirkan sarjana hukum yang kompeten dan professional, diusulkan agar staf pengajar dalam masa liburnya perlu bekerja di kantor Pengacara atau Konsultan Hukum, kantor  pemerintahan dan pengadilan.37
Sarjana Hukum masa kini dalam era globalisasi, baik karena kebutuhan praktek maupun kesamaan model institusi-institusi hukum dan peraturan-peraturannya, perlu mengetahui berbagai peraturan hukum negara lain dan bagaimana ia berjalan dalam perbedaan sistim hukum, budaya dan tradisi.40
Sebagai kesimpulan, Fakultas Hukum dalam era globalisasi harus mempersiapkan mahasiswanya dengan pendidikan yang cukup. Disatu pihak pendidikan hukum menghasilkan sarjana hukum yang mempunyai ketrampilan dalam praktek hukum yang mengandung unsur internasional ; di pihak lain membekali mereka dengan kemampuan menghadapi berbagai masalah yang dihadapi masyarakat, termasuk memberikan jalan bantuan hukum bagi mereka yang paling terkena proses globalisasi.
34 Alberto – Bernabe – Riefkohl, “Tommorrow’s law schools : Globalization and Legal Education,” San Diego Law Review, vol. 32 (1995), h. 137.
35 Alberto – Bernabe – Riefkohl. Op.cit. h. 158-159.
36 Craig Allen Nard,”Empirical Legal Scholarship : Reestablishing a Dialogue Between the Academy and Profession,” Wake Forest Law Review, vol. 30 (1995), h. 347-368. Lihat juga Robert R. Merhige JR.”Legal Education : Observation and Perception from the Bench.”Wake Forest Law Review, vol. 30 (1995), h. 375.
37 J. Timothy Philipps,”Building A Better Law School.”Washington & Lee Law Review. Vol. 51 (1994), h.1160.
40 Bandingkan John O. Haley, ”Educating Lawyers for the Global Economy, “Michigan Journal of International Law. Vol. 17 (Spring 1996) h. 746.
DAFTAR PUSTAKA
Cavusgil, S. Tamer “Globalization of Markets and Its Impact on Domestic Institutions,”  Global Legal Studies Journal vol. 1 (1993).
Geist, Michael A. “Toward A General Agreement on the Regulation of Foreign Direct  Investment, “Law & Policy in International Business,” vol. 26 (1995).
Haley, John O. “Educating Lawyers for the Global Economy,” Michigan Journal of  International Law, vol. 17 (Spring 1996).
Manning, Denine - Cabral. “The Eminent Death of the Calvo Clause and the Rebirth of the  Calvo Principle : Equality of and National Investors.” Law & Policy in International  Business. vol. 26 (1995).
Mendelson, Wallace “Law and the Development of Nations,” The Journal of Plitics vol. 32  (1970).
Nard,  Craig     Allen     “Empirical     Legal    Scholarship     : Reestablishing    a    Dialogue  Between    the    Academy    and Profession,”wake Forest law review,vol. 30(1995).
Philipps,   J.   Timothy   “Building   A   Better   Law   School,” Washington & Lee Law  review vol. 51 (1994).
Riefkohl, Alberto - Bernabe, “Tommorrow’s Law Schools : Globalization and Legal  Education, “ San Diego Law Review. vol. 32 (1995).
Theberge. Leonard J. “Law and Economic Development “ Journal of International Law and  Policy vol. 9 (1980).
Zamora, Stephen “the Americanization of Mexican Law : Non - Trade Issues in the North  American Free Trade Agreement,” Law & Policy in International Business, vol. 24  (1993).

Kamis, 22 Maret 2012

TUGAS ASPEK HUKUM DALAM EKONOMI


KEDUDUKAN HUKUM NASIONAL TERHADAP  KEKUATAN MENGIKAT PERJANJIAN (KLAUSUL) ARBITRASE
M. Basarah
Abstract
In the international trade contract, the parties choose arbitration to resolve their dispute and it must be stated in existing contract, and if it is not stated there must be a new contract to determine the  arbitration to resolve dispute. So,contract is a corner stone of arbitration.The issue of this article is about the binding force of arbitration decision regarding with the law of the states where the parties came from. The research shows that contract must explicitly mention the arbitration and, therefore, the principle of consensualism according to article 1338 of Burgerlijk Wetboek is an essential point in drafting a contract.   The contract has absolute competence because it can not be interfered by other party. Article 1320 of BW and he Law number 30 year 1999 provide the important role in determining whether the contract on arbitration lawful or unlawful.
I. Pendahuluan
Dalam membahas penyelesaian sengketa melalui arbitrase tidak dapat terlepas dari pembahasan arbitrase penanaman modal asing, hal ini disebabkan karena penyelesaian sengketa melalui arbitrase selain dapat terjadi oleh kesepakatan bisnis biasa, juga dapat terjadi karena adanya penanaman modal asing.Sebelum penanaman modal terjadi akan terdapat beberapa kesepakatan yang bersifat administratif dan kesepakatan yang khusus menyangkut penyelesaian sengketa, baik penyelesaian sengketa melalui arbitrase  penanaman modal (Arbitrase ICSID atau centre) maupun melalui arbitrase komersial.
Kesepakatan yang bersifat administratif yang juga merupakan aspek hukum publik adalah, perjanjian antara Pemerintah negara pemilik modal dengan negara penerima modal (host State) yang dituangkan dalam suatu perjanjian bilateral yang disebut dengan Investment Guaranty Agreement.
Sedangkan kesepakatan yang menyangkut penyelesaian sengketa adalah, perjanjian penyelesaian sengketa antara negara penerima modal dengan pengusaha (asing) dari negara pemilik modal. Forum yang akan menyelesaikan sengketa, karena perjanjiannya berkaitan dengan penanaman modal adalah badan arbitrase ICSID (International Centre for the Settlement of Investment Dispute) yang lahir dari Konvensi Washington 1965 tentang Convention on the Settlement of Investment Disputes Between States and Nationals of the Other States. Penyelesaian sengketa melalui arbitrase tersebut merupakan kesepakatan antar negara-negara yang telah menjadi anggota Konvensi Washington.
Kesepakatan yang paling penting dalam suatu kontrak dan memerlukan waktu yang panjang untuk mencapai kata sepakat adalah perjanjian penyelesaian sengketa. Dalam perjanjian penyelesaian sengketa yang umumnya dibicarakan lebih mendalam adalah masalah pilihan hukum (choice of law) dan pilihan pengadilan (choice of court). Kedua pilihan di atas merupakan hal yang terpenting dalam suatu kontrak, bahkan para pihak akan lupa dengan hal penting lainnya yaitu tentang isi perjanjian pokok jika sudah membicarakan pilihan hukum dan pilihan pengadilan atau perjanjian penyelesaian sengketa. Karena para pihak merasa sedang membicarakan identitas negaranya masing-masing, yang tentu saja harus mereka pertahankan berdasarkan rasa idealismenya. Dalam kontrak dagang internasional, kesepakatan para pihak untuk menentukan forum penyelesaian sengketa umumnya adalah arbitrase. Arbitrase merupakan istilah yang dipakai untuk menjabarkan suatu bentuk tata cara damai yang sesuai atau sebagai penyediaan dengan cara bagaimana penyelesaian sengketa yang timbul sehingga mencapai suatu hasil tertentu yang secara hukum final dan mengikat.
II. Permasalahan
Berdasarkan uraian di atas, permasalahan yang dapat dikemukakan adalah sejauh mana kekuatan mengikat dari perjanjian arbitrase menurut hukum nasional negara para pihak ?
III. Pembahasan
A. Ketentuan Sahnya Perjanjian Arbitrase
Sejak awal pembuatan kontrak, para pihak sudah diberi kebebasan untuk memilih baik untuk memilih pengadilan (choice of court) maupun pilihan hukum (choice of law). Konvensi New York 1958 juga mengakui kebebasan para pihak (partij autonomi) untuk memilih sendiri yurisdiksi atau forum arbitrase sebagai cara penyelesaian sengketa yang mungkin akan atau telah timbul antara para pihak. 
Redfern & Hunter menegaskan bahwa dalam merumuskan perjanjian arbitrase, para pihak harus memperhatikan dengan seksama syarat-syarat yang terdapat dalam Pasal II. 2 Konvensi New York, yaitu keharusan suatu perjanjian arbitarse itu dibuat secara tertulis dan ditandatangani oleh para pihak, pasal tersebut menyatakan:
2. The term  ‘agreement in writing’ shall include an arbitral clause in a contract or an arbitration agreement, signed by the parties or contained in an exchange of letters or telegrams
Sedangkan di dalam United Nation Commission International Trade Law (UNCITRAL) persyaratan ini diatur dalam Pasal 7 ayat (2) Model Law.
Demikian pula dalam Pasal 7 ayat (2) UNCITRAL: Model Law on International Commercial Arbitration, ditentukan :
(2) “The arbitration agreement shall be in writing. An agreement is in writing if it is contained in a document signed by the parties or in exchange of letter, telex, telegrams, or other means of telecommunication which privide a record of agreement, …. “
Pasal ini selain menentukan syarat tertulis, juga ketentuannya sangat fleksibel karena dapat mengantisipasi perkembangan teknologi telekomunikasi modern yang mungkin terjadi dalam suatu perjanjian.  Ketentuan yang sama juga terdapat dalam Pasal 4 ayat (3) Undang-Undang No. 30 tahun 1999 tentang Arbitrase dan Alternatif Penyelesaian Sengketa.
Artinya model law dan Undang-Undang No. 30 tahun 1999 akan mengakui perjanjian-perjanjian yang dibuat oleh para pihak dengan alat telekomunikasi modern, bahkan walaupun belum diatur bentuk perjanjian yang dibuat melalui teknologi internet, pasal ini cukup akomodatif. Tentunya ketentuan ini juga harus disertai dengan ketentuan hukum yang dapat mangakomodir dalam hal pembuktian, karena dengan teknologi internet tersebut masalah kekuatan pembuktian dalam bentuk surat-surat belum diatur.
Pasal 25 ayat (1) Convention on the Settlement Investment Dispute Between States and Nationals of the Other States, juga menentukan, bahwa :
The jurisdiction of the Centre shall extend to any legal dispute arising directly out of an investment, between a Contracting State (or any constituent subdivision or agency of a Contracting State designated to the Centre by the State) and national of another Contracting State, which the parties to the dispute consent in writing to submit to the Centre”.
Sedangkan Pasal 1 ayat (3) dan Pasal 9 ayat (1) Undang-undang No. 30 tahun 1999 tentang Arbitrase dan Alternatif Penyelesaian Sengketa menyatakan :
“Dalam hal para pihak memilih penyelesaian sengketa melalui arbitrase setelah sengketa terjadi, persetujuan mengenai hal tersebut harus dibuat dalam suatu perjanjian tertulis yang ditandatangani para pihak”.
Menurut Pasal 1 ayat (3) kewajiban perjanjian tertulis tersebut dapat dibuat oleh para pihak sebelum timbulnya sengketa atau setelah timbulnya sengketa. Artinya ketentuan Pasal 1 ayat (3) ini membolehkan para pihak membuat perjanjian arbitrase bersama-sama dengan perjanjian pokok atau menyatu dengan perjanjian pokok (sengketa yang ada) dan dapat juga dibuat terpisah dengan perjanjian pokok  (sengketa yang akan ada).
Istilah untuk sengketa yang ada dalam civil law dikenal dengan sebutan compromis atau submission,sedangkan untuk sengketa yang akan ada dikenal dengan istilah clause compromisoire
Compromis atau submission dan clause compromisoire selain diatur dalam Pasal 7 ayat (1) UNCITRAL juga diatur oleh Pasal II. 1 Konvensi New York 1958 yang menyatakan :
Each Contracting State shall recognize an agreement in writing under which the parties undertake to submit to arbitration all or any differences which have arisen or which may arise between them in respect of a defined legal relationship, whther contractual or not, concernong a subject matter capable of settlement by arbitration”. Menurut Pasal II. 1 Konvensi New York di atas dengan jelas dikemukakan syarat-syarat untuk berarbitrase sebagai berikut :
1. perjanjian harus dibuat secara tertulis;
2. perjanjian tersebut mengatur sengketa-sengketa yang ada atau sengketa  yang akan ada atau akan timbul di antara para pihak;
3. sengketa-sengketa yang timbul tersebut adalah sengketa yang timbul dari suatu hubungan hukum baik yang sifatnya kontraktual atau bukan;
4. sengketa-sengketa tersebut adalah masalah-masalah yang dapat diselesaikan oleh arbitrase;
5. para pihak dalam perjanjian tersebut memiliki kemampuan hukum menurut hukum yang berlaku kepada mereka;
6. perjanjian tersebut harus sah menurut hukum para pihak, apabila tidak ada pengaturan seperti itu, maka perjanjian harus sah menurut negara dimana suatu putusan arbitrase dibuat. Karena jika tidak dipenuhi syarat maka putusan arbitrase tidak dapat diakui dan dilaksanakan, seperti telah ditentukan oleh Pasal V. 1 (a) yang menyatakan :
“Recognition and enforcement of the award may be refused, …. “
(a)    the parties to the agreement referred to in article II were, under law applicable to them, under some incapacity, …. “
B. Syarat-Syarat Lain Dalam Perjanjian Arbitrase
Syarat-syarat lainnya yang perlu diperhatikan dan mempunyai sifat mengikat adalah syarat bahwa perjanjian arbitrase tidak boleh melanggar ketertiban umum. Karena pada dasarnya prinsip ketertiban umum ini akan diterapkan pada saat putusan arbitrase harus dilaksanakan di negara salah satu pihak. Jika sejak awal pembuatan perjanjian arbitrase sudah dianggap melanggar ketertiban umum maka putusan arbitrase akan ditolak.
Oleh karena pada saat timbulnya yurisdiksi arbitrase didasarkan atas kesepakatan para pihak, maka dalam kaitannya dengan perjanjian arbitrase, menurut Pasal 10 Undang-Undang No. 30 tahun 1999 ditentukan bahwa:
“Suatu perjanjian arbitrase tidak menjadi batal disebabkan oleh keadaan tersebut di bawah ini :
1. meninggalnya salah satu pihak;
2. bangkrutnya salah satu pihak;
3. novasi;
4. insolvensi salah satu pihak;
5. pewarisan;
6. berlakunya syarat-syarat hapusnya perikatan pokok;
7. bilamana pelaksanaan perjanjian tersebut dialihtugaskan pada pihak ketiga dengan persetujuan pihak yang melakukan perjanjian arbitrase tersebut; atau
8. berakhirnya atau batalnya perjanjian pokok.
Ketentuan tersebut mengandung arti bahwa pembatalan perjanjian arbitrase yang telah disepakati oleh para pihak hanya dapat dilakukan berdasarkan pembatalan yang juga didasarkan atas kesepakatan para pihak.
Kesepakatan dalam perjanjian arbitrase secara hukum mengikat para pihak. Dengan terwujudnya kata sepakat dapat menimbulkan perikatan dan perjanjian yang sah menurut hukum. Seperti ditentukan oleh Pasal 1338 Kitab Undang-undang Hukum Perdata (KUHP) yang menyatakan “perjanjian yang telah dibuat secara sah oleh para pihak, mengikat mereka sebagai undang-undang”, asal tidak bertentangan dengan undang-undang, kesusilaan, ketertiban umum, dan perjanjian tersebut harus dilaksanakan dengan itikad baik.
Menurut Pasal 1320 KUHP ditentukan bahwa perjanjian dianggap sah jika memenuhi syarat-syarat sebagai berikut:
1. adanya kata sepakat atau kesesuaian kehendak;
2. kecakapan para pihak;
3. obyek tertentu; dan
4. kausa yang halal atau dasar yang halal.
Daftar Pustaka
Anson, Sir William, Principle of the English Law of Contract and of Agency in its Relation to Contract Oxford, Clarendon Press, 1979.
Dune, JM van dan Burght, van der, Penyalahgunaan Keadaan, Alih bahasa Sudikno Mertokusumo,  Hukum Perikatan Bagian ke III, diterbitkan oleh Dewan Kerjasama Hukum Belanda dan  Indonesia, 1988.
Erman Rajagukguk, Arbitrase dalam Putusan Pengadilan, Chandra Pratama Jakarta, 2000.
Huala Adolf dalam Komar Kantaatmadja, Prospek dan Pelaksanaan Arbitrase di Indonesia, Citra Aditya  Bakti, Bandung, 2001.
Huala Adolf, Hukum Arbitrase Internasional, PT RajaGrafindo Persada, Jakarta, 1994.
Newton, Cliver R., General Principles of Contract, Sweet &Maxwell, 1983.
Priyatna Abdurrasyid, Arbitrase dan Alternatif Penyelesaian Sengketa, PT. Fikahati Aneska bekerjasama  dengan BANI, Jakarta, 2002.
PS, Atiyah, The Law of Contract, Clarendon Press. Oxford, 1984.
Redfern, Alan & Hunter, Martin, Law and Practice of International Commercial Arbitration, Sweet &  Maxwell, London, 1986.
Redmon, PWD, General Principles of English Law, Macdonald & Evans, 1976.
Schmitthoff, Clive M, The Limit of Party Autonomy, on Select Essay on International Trade Law, Martinus  Nijhoff  Pub., 1998.
Sudargo Gautama, Arbitrase dalam Kontrak-kontrak Dagang dengan Luar Negeri, Ceramah pada Raker  PERTAMINA di Jakarta 14 Oktober 1975.
Sunarjati Hartono, Beberapa Masalah Transnasional dalam Penanaman Modal Asing di Indonesia, Bina  Cipta, Bandung, 1972.
Tineke LT Londong, Asas Ketertiban Umum dan Konvensi New York 1958, Citra Aditya Bakti, Bandung  1998.
Wolf, Martin, Privat International Law, Oxford, 1960, 4th.